Ternyata ada juga dari dampak negatif, dan dampak positif pengguna facebook, maka dari itu kita harus waspadai ini. Jangan sampai kita mengidap penyakit yang disebabkan facebook. Walaupun pada kenyataannya dari manfaat facebook pasti ada, akan tetapi tidak mungkin pula apabila facebook tidak ada dampak negatifnya untuk penggunanya.

Maka dari itu, saya di sini mau berbagi cerita pribadi, dan pengetahuan hasil membaca dari blognya mas sugeng ganteng. Ingat,, bacaan ini akan saya ambil dari pengalaman saya, atau bahkan anda juga mengalaminya. Untuk mempersingkat bacaan, kita akan memulai pembahasan ini dengan kekurangan atau dampak negatif facebook untuk kita.

1. Facebook bisa membuat kita ketagihan atau kecanduan.

Dampak negatif facebook
Sumber Gambar Mas Sugeng.
Tahukah anda, bahwa ternyata facebook mampu membuat kita kecanduan. Kecanduan yang disebabkan oleh facebook, apakah sama seperti kita kecanduan sesuatu, seperti kecanduan rokok, kecanduan Al-kohol, bahkan sampai dengan kecanduan dengan yang namanya Narkoba.

Yang harus anda ketahui lebih lanjut adalah sebesar apa rasa kecanduan facebook, apa seperti kecanduan rokok, narkoba, alkohol, dan lain sebagainya. Atau, apakah kecanduan facebook itu hanya perkara yang remeh, yang mana kita bisa dengan mudahnya mengobati kecanduan tersebut, ?

Pertanyaan-pertanyaan di atas harus kita perhatikan betul, karena pertanyaan tersebut ada atau bahkan banyak yang bisa menjawabnya. Maksudnya seperti ini, kang. 

Apabila ada yang bertanya, "Apakah orang yang kecanduan facebook, itu sama seperti orang yang kecanduan rokok, ?. Kalau pertanyaan seperti itu, maka jawabannya tidak bisa dipastikan, karena setiap orang mungkin mempunyai jawaban yang berbeda-beda kaitan pertanyaan itu.

Seumpama orang tersebut, adalah orang yang seringkali aktif di facebook, dan pas kebetulan orang itu adalah perokok, mungkin orang tersebut akan menjawab, "Iya..orang yang kecanduan facebook sama halnya dengan orang yang kecanduan rokok, karena sama-sama susah meninggalkannya".

Akan tetapi, apabila orang yang menjawab adalah orang yang tidak merokok, mungkin dia akan menjawab, "Tidak, kecanduannya pengguna facebook tidak sama seperti kecanduannya perokok. Akan tetapi, kecanduannya pengguna facebook itu lebih hebat, karena sangat sulit menghindarinya".

2. Facebook Bisa memakan dan membuang waktumu yang berharga.

Dampak buruk facebook
Seperti biasanya, by Mas Sugeng Ganteng.
Bagaimana tidak facebook memakan waktu kita yang berharga, apabila kita selalu aktif di facebook. Ingat.. kita harus bedakan orang yang selalu aktif, dengan orang yang sering aktif berselancar di facebook.

Walaupun kalimat tersebut hampir mempunyai kesamaan makna, tapi ada bedanya, dan perbedaannya pun sangat menonjol. Apabila orang yang selalu aktif di facebook, maka aktivitas positif yang di dunia nyatanya sangat sedikit, dan apabila orang yang seringkali aktif di facebook, masih dimungkinkan juga mempunyai aktivitas lumayan banyak di dunia nyatanya.

Bagaimana, apakah saudara sependapat dengan saya, bahwa facebook bisa membuang waktu yang berharga, ?. Kalau anda kurang setuju dengan pendapat saya, mari kita berbicara kenyataannya.

Banyak orang yang hanya update status yang nggak positif, nggak mendidik, dan nggak penting. Banyak orang yang saling like, komentar status, dan photo. Dengan tidak sadar, mereka justru meninggalkan sesuatu yang harus dilakukan di dunia nyata, semisal belajar, bekerja, dan masih banyak lagi. Dengan ini, kita harus belajar dari sekarang agar bisa mengontrol dikehidupan maya.

3. Mengakibatkan depresi, dan iri hati.

Apabila kita lebih cermat akan aktivitas di dunia facebook, sebenarnya banyak sekali aktifitas yang seringkali membuat orang lain depresi, dan iri hati.

Kenapa ini sampai terjadi, ?. Karena kebanyakan pengguna facebook hanya menampilkan atau memamerkan sisi baiknya saja, sedangkan perkara yang kiranya tidak bagus, tidak keren, mereka akan sembunyikan.

Apabila si A upload photo mobile baru, dan embel-embel statusnya, "Alhamdulillah. Semua rezeki sudah ada yang mengatur, dan akhirnya saya dan keluarga punya mobile baru. Untuk teman-teman, mohon doanya yea agar mobile ini bisa berkah, dan bermanfaat.".

Perilaku sedemikian, walaupun ada embel embel kalimat bersyukur, tapi belum tentu untuk mewujudkan rasa syukurnya kepada tuhan, bahkan upload, dan upload status yang seperti itu masih dimungkinkan besar karena rasa pamer.

Tidak hanya sampai dengan penyakit hati berupa pamer, yang bahayanya lagi bisa membuat orang lain iri hati. Bagaimana tidak iri, kalau seandainya sesuatu yang selama ini mereka harapkan tidak tercapai juga, kok ditambah lagi ada orang yang menunjukkan sesuatu yang baru. Heeeem... kalau kenyataannya seperti ini, maka bisa mengakibatkan adanya depresi.

4. Menambahkan penyakit hati yaitu pamer.

Jangan anggap remeh pada bagian ini. Di sana, bahkan di sini yang sedang membaca tulisan ini tentu seringkali melakukan upload photo, video, dan lain sebagainya. Tapi ingat.. tujuannya apa ketika upload photo, dasar apa anda sampai upload photo, dan photo seperti apakah yang anda upload, ?.

Tiga pertanyaan itu kiranya sangat perlu diketahui agar kita jangan sampai menyalahi aturan agama. Asal anda tahu, ketika kita upload photo, update status, dll, itu bisa dikatakan baik, dan juga bisa di hukumi kharam.

Adapun contoh yang baik adalah update, dan upload photo yang berkaitan dengan syiar, memperingati teman, photonya tidak membuka aurat, dll. Kalau contoh yang sampai di hukumi kharam adalah update, dan upload photo yang berbau adu domba, fitnah, photo yang terbuka auratnya, dll.

5. Menurunkan Kualitas Sosial.

Facebook berdampak negatif kualitas sosial
Sugeng.id
Walaupun facebook termasuk kategori media sosial, tapi kalau kita perhatikan dan rasakan justru yang namanya facebook menurunkan kualitas sosial. Kita memaknai jangan terpaku pada kalimat "media sosial", karena kalau makna secara kalimat, tentu artinya sangat bagus, yakni tempat bersosialisasi.

Tapi bukti yang ada, justru yang namanya media sosial bisa menurunkan kualitas manusia untuk bersosialisasi. Hal ini, mungkin tidak hanya terjadi di lingkungan saya, melainkan juga di penjuru tempat kebanyakan jiwa sosialnya berkurang, karena facebook.

Kesimpulannya adalah kita boleh bermain facebook, tapi jangan sampai terkena 5 penyakit di atas. Alangkah baiknya lagi, apabila anda memanfaatkan media sosial tujuan untuk syiar, atau menyebarkan pendidikan kaitan dengan agama. Karena, apabila kita adalah ahli sunah wal jamaah, dan sedikit memahami keagamaan, tapi tidak mau memanfaatkan media sosial untuk dakwah, menurut saya kurang keren.

Bahkan kalau kita lebih detail pemikirannya, ternyata dakwah melalui media sosial itu sangat diperlukan, karena di sana banyak pengguna facebook, yang menelan pemahaman agama, tapi tidak sesuai dengan ajaran yang semestinya.
Cukup sekian, dan semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Ketahuilah Dampak Negatif Facebook, dan Positif Facebook"

Terimakasih sudah berkunjung, dan kiranya kurang keren jika anda tidak berkomentar untuk memberikan kritik, saran, dan lain sebagainya. Tapi jangan masukkan link aktif, karena sudah banyak komentar yang saya hapus sebab menggunakan link aktif.