Bacalah tentang Cara Membuat Blog Blogger gratis Menggunakan Atau Lewat Hp Android. Sebelum sahabat blogger mempunyai rencana untuk membuat blog, dari saya ada saran yang mungkin bisa membantu sahabat blogger semua.

Saran tersebut sudah banyak dari para blogger yang sudah membahasnya, namun saya akan mencoba untuk menyajikan kepada anda semua yang sudah datang kemari. Maka, silahkan baca ihwal dengan Niche Blog yang Paling Banyak dicari cari, karena suatu niche yang tepat akan membantu rasa semangat ngeblog, dan masih banyak lagi.

Sekarang langsung ke "persiapan untuk membuat blog".

Langkah pertama agar kita bisa mempunyai blog gratis, yaitu cukup mempunyai email gmail. Kalau sahabat blogger belum mempunyai email tersebut, sahabat blogger bisa membuatnya secara gratis pula.

Kalau toh sudah mempunyai email gmail, langkah yang kedua adalah kunjungi situs pembuatan blog gratis, atau bisa melalui link ini ( Blogger ).

Setelah masuk pada situs pembuatan blog gratis yang disediakan oleh google itu, sahabat blogger langsung klik tulisan buat blog, dan dilanjutkan dengan memasukkan email, dan sandi gmail anda untuk melanjutkan proses pembuatan blog cuma-cuma, alias gratis.

Untuk gambarnya tidak saya sediakan, karena pada pembahasan atau langkah yang ini sudah sangat mudah, dan insya allah mudah pula dipahami.

Selanjutnya adalah membuat alamat blog blogspot dengan alamat yang anda kehendaki, seperti contohnya adalah Caradailku. Jadi, ketika saya menggunakan alamat blogspot yang berupa Caradailku, nanti alamat tersebut menjadi caradailku.blogspot.com.

Tapi ingatlah. Apabila nama alamat blog yang akan anda buat, kok tidak bisa, itu menunjukkan bahwa nama tersebut sudah ada yang menggunakannya. Maka, jalan keluarnya adalah ganti nama, atau menambahkan beberapa huruf sampai nama yang akan dijadikan blog oleh anda disetujui oleh pihak Blogger.

Untuk lebih Jelasnya, monggo perhatikan pada gambar dibawah ini.
Cara Membuat Blog Gratis di Blogger.
By Caradailku.
Gambar tersebut menunjukkan bahwa nama yang akan saya jadikan sebagai alamat blog sudah ada yang menggunakannya, dan kita bisa mencari nama lainnya, atau juga bisa dengan menambahkan beberapa huruf atau angka, seperti contoh di bawah ini, dan sampai sini semoga sudah paham.
Cara Membuat Blog Gratis Menggunakan Atau Lewat Hp Android.
Salam dari blog Sederhana "Caradailku"
Sedikit tambahan.
Apabila email yang anda gunakan adalah email yang pertama kali digunakan untuk mendaftar blog blogspot, anda akan disajikan dua pilihan.
  1. Akun terbatas, dan 
  2. Akun tidak terbatas.
Setelah anda disajikan profil yang sedemikian rupa, maka pilihlah membuat akun yang tidak terbatas, alias menggunakan akun google plus.

Kelebihan dari akun tidak terbatas, atau akun google plus adalah anda bisa berbagi postingan blog keteman google plus (Pengguna Profil Google Plus).

Jikalau anda sudah mempunyai blog, mari kita mempelajari sedikit kaitan dengan kelebihan, dan kekurangan blog.

Dari keinginan anda membuat blog, mungkin karena terinspirasi dari bacaan-bacaan yang telah anda baca melalui google, ingin berbagi pengetahuan kepada sesama, atau karena anda ingin menghasilkan uang dari blog, dan mungkin juga dengan alasan lainnya, anda menginginkan membuat blog.

Sebenarnya, apapun alasan anda untuk membangun sebuah blog, itu tidak terlalu penting, tapi kita harus perhatikan betul-betul apa tujuan anda membuat blog.

Dari banyaknya blogger tentu berbeda-beda pula keniatan mereka. Dan, karena berbeda-bedanya niat mereka membangun atau mengasuh blog, maka kita harus mengoreksi terlebih dahulu niat kita, agar tidak bosan menjadi blogger.

(Pertanyaan Untuk Calon Blogger profesional). Apakah niat kita sama dengan mereka yang mempunyai niat baik untuk membangun blog, ?.

(Pertanyaan Untuk Calon Blogger yang mungkin akan berhenti atau bosan menjadi blogger). Ataukah niat kita sama dengan mereka yang mempunyai niat kurang baik untuk mengelola sebuah blog ?.

Kiranya, dari dua pertanyaan di atas memang sangat perlu untuk dikaji lebih mendalam, agar kita mempunyai niat yang baik. karena, apabila kita mempunyai niat yang bisa menyebabkan kita lelah menjadi blogger hanya dikarenakan niat yang salah, menurut saya itu sungguh ironis atau sia-sia langkah pembuatan blog ini.

Untuk pemanis pada pembahasan tentang kelebihan, dan kekurangan blog, 

saya akan sedikit cerita awal mula saya menggeluti blog.

Seingat saya, awal mula saya ingin menjadi blogger, itu karena membaca-baca di google. Entah kenapa, hati dan pikiran saya waktu terbesit pertanyaan "Kenapa ketika saya mencari bacaan atau artikel di google, kok hampir semua yang saya cari selalu ada ?".

Setelah saya pikir lebih dalam, alhamdulillah saya mengetahui jawabannya. Adapun jawaban dari pertanyaan saya yang sedemikian rupa, itu karena ada seseorang yang membuat artikel, kemudian di bagikan melalui google.

Namun, tidak lama kemudian saya bertanya dalam hati lagi. "Bagaimana caranya agar saya bisa seperti mereka yang membuat bacaan kemudian dibagikan ke google"?.

Jawabannya tentu dengan cara membuat blog, dan akhirnya saya mempunyai keinginan untuk membuatnya.

Mungkin itu alasan pertama saya ingin membuat blog, dan ada alasan lainnya kenapa sampai sekarang saya masih menggeluti dunia blogger. Kalau alasan saya membuat blog hanya karena ingin membuat bacaan yang bisa dibagikan melalui blog, mungkin saat ini saya sudah pensiun menjadi blogger.

Kenapa kalau saya hanya menginginkan membuat artikel yang bisa dibagikan melalui google, itu tidak menjamin kelangsungan saya menjadi blogger ?.

Alasannya cukup sederhana, dan masuk akal, yaitu dengan melihat dari keumuman manusia. Keumuman manusia, apabila sudah merasakan sesuatu yang diharapkan, tentu akan merasakan bosan.

Begitupun juga dengan saya waktu itu. Berhubungan pada saat itu aku sudah merasa bisa membuat blog kemudian membuat bacaan untuk menghiasi halaman google, tidak menutup kemungkinan saya akan merasakan kebosanan karena berbagai alasan, seperti berikut :
  • Sudah merasa cukup dengan keberhasilan saya waktu itu, yakni membuat blog, dan submit ke webmaster agar blog atau postingan saya mampu muncul di pencarian blog.
Pada alasan yang ini, perlu kita perhatikan, agar kita jangan pernah merasa cukup kaitan dengan pengetahuan yang bermanfaat. Tatkala kita sudah merasa cukup, akan secara otomatis menimbulkan rasa bosan untuk menjalaninya lagi.

Asal kita tahu..!
Blog adalah alat yang penuh dengan pengetahuan atau keilmuan. Bagaimana tidak bisa dikatakan sebagai alat yang penuh pengetahuan, sedangkan kita bisa belajar melalui blog, bisa menyimpan pengetahuan di blog, dan bahkan kita bisa mengembangkan pengetahuan melalui blog ?

Kita bisa belajar menulis yang positif, kita bisa mengikat atau menyimpan pengetahuan, dan kita bisa menambah wawasan melalui blog, itu adalah baru beberapa manfaat blog.

Kemanfaatan blog tidak hanya sampai situ. Dengan kita mengelola blog, kita bisa meraup penghasilan dari blog, adalah manfaat lainnya dari blog.

Dari berbagai manfaat blog blogger yang saya uraikan diatas, tapi ada salah satu manfaat tersebut yang bisa mengakibatkan anda bosan menjadi blogger.

Tahukah anda bahwa disana banyak blogger, yang sudah tidak aktif lagi, ?. Tentu anda tahu, dan mari kita simak pertanyaan saya "Apa sih yang menyebabkan mereka berhenti menjadi blogger, ?.

Sebetulnya banyak alasan dari berbagai blogger, yang tidak aktif lagi.
1. Mungkin karena sibuk di dunia nyata.
2. Kurang menyadari bahwasanya blog banyak manfaatnya, yaitu bisa dijadikan sebagai alat belajar, menyimpan pengetahuan, dan mengembangkan keilmuan.
3. Awal mula mereka membuat blog, mempunyai niat yang kurang baik, seperti mengira kalau mencari uang melalui blog akan terasa mudah.
4. Dan mungkin masih banyak lagi alasan mereka non aktifkan kegiatan ngeblognya.

Akan tetapi, dari alasan-alasan mereka berhenti beraktivitas di dunia blogger, alasan yang sangat memprihatinkan adalah karena mengira bahwa mencari uang melalui blog akan terasa mudah.

Kita boleh saja mempunyai niat untuk menghasilkan uang sebab mengelola blog. Tapi kita harus mempunyai tips tersendiri agar kelak tidak merasa bosan dengan blog.

Lalu bagaimana tips saya pribadi masih menggeluti dunia blogger walaupun mempunyai harapan ada penghasilan dari blog. Tips rahasia saya adalah, "Kegiatan atau aktivitas blog dijadikan sebagai Hobi".

Itulah tips saya, dan anda boleh mencobanya. Apakah tips sedemikian itu bisa menjamin akan kelangsungan kita menjadi blogger ?.

Kalau anda bertanya seperti itu, jawabannya "masih tidak bisa menjamin". Di dunia ini tidak ada perkara yang bisa menjamin, kecuali Allah Swt, yang maha besar.

Akan tetapi, apabila kita menjalankan kegiatan blog dengan rasa bahagia (Hobi), itu sangat berperan penting akan kelangsungan kita menjadi blogger.

Kesimpulan dari coretan di atas.

Bisa kita ambil kesimpulan, kalau kita ingin menjadi blogger profesional, yang tidak mudah menyerah dalam dunia bloggingnya, yaitu :
  1. Perbaikan dalam segi niat.
  2. Blog dijadikan sebagai alat belajar, menyimpan pengetahuan yang positif, dan mencoba mengembangkan pengetahuan tersebut dengan perantaraan blog.
  3. Kegiatan blog dijadikan sebagai hobi.
  4. Dan yang terakhir adalah : kita boleh mempunyai harapan mampu menghasilkan uang melalui blog, akan tetapi jangan sampai keniatan tersebut membumi hanguskan rasa semangat ngeblog.
Jujur. Saya juga dalam penulisan ini diniatkan untuk belajar nulis. Maka, mohon maaf atas semua kekurangan bacaan ini, karena saya sudah jujur, yakni masih tahap belajar menulis.

Kita tahu sendiri, kalau dalam tahap belajar, tentu masih banyak keganjalan, dan kekurangan. Okey cukup sekian, dan selamat blogging.

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, dan kiranya kurang keren jika anda tidak berkomentar untuk memberikan kritik, saran, dan lain sebagainya. Tapi jangan masukkan link aktif, karena sudah banyak komentar yang saya hapus sebab menggunakan link aktif.