Cara Menulis Artikel Blog Yang di Sukai Pembaca dan Google
Blogger Blog. Cara Membuat / Menulis Postingan atau Artikel yang di Sukai Google, dan Pembaca.
Sebelum melanjutkan ke pembahasan, saya selaku admin caradailku minta maaf atas semua kekurangan yang ada di tulisan ini.

Sebenarnya, saya bukanlah blogger yang ahli dalam bidang blogging, dan seharusnya, sesorang yang pantas untuk membahas tentang tutorial penulisan yang disukai google, dan pembaca, adalah blogger yang sudah ahli dalam bidangnya.

Meskipun sedemikian, saya menulis artikel ini hanya sekedar pemberitahuan, bahwa saya juga ingin mengungkapkan pendapat tentang penulisan di blog.

Kita harus pandai membedakan antara tulisan yang ada di blog, dan tulisan yang ada di buku. Tulisan di buku, akan lebih menarik, bahkan lebih berkualitas apabila mengikuti EYD, yang baik.

Berbeda lagi penulis yang ada di blog. Bacaan atau tulisan yang kita tuliskan di blog, apabila kita menginginkan bacaan tersebut banyak yang membacanya, dan terasa nyaman ketika dibaca, maka kita harus mempunyai tips tersendiri, yang agak berbeda dengan tips ketika kita menulis di buku.

Berikut adalah beberapa tips agar tulisan kita banyak yang membacanya, dan terasa nyaman tatkala dibaca. (Tulisan di Blog).
Apabila blog saudara membahas tentang tutorial, maka yang harus dipertimbangkan adalah sebagai berikut ;
  • Tulisa yang singkat, dan memahamkan pembaca.
Kenapa harus singkat, ? Sedangkan kata blog tetangga mengatakan "kalau google suka dengan tulisan yang banyak dan relevan".
Kata singkat yang kami maksudkan dari pembahasan ini, adalah tidak bertele-tele sehingga pengunjung terkadang merasa jenuh dengan tulisan yang terlalu panjang lebar.

Terus bagaimana dong, ? Supaya kita bisa memberikan kepuasan kepada pengunjung blog, dan google juga bisa senang dengan tulisan kita.
Caranya cukup mudah, dan coba saudara perhatikan sejenak cara penulisan kami ini. Apabila saudara suka dengan cara penyampaian kami terhadap pembaca, maka ini bisa dijadikan keilmuan untuk saudara.

Berhubung blog kami membahas sedikit tentang tutorial, maka kami belajar dan berusaha agar pengunjung merasa senang karena langsung pada titik point pembahasan. Kami juga berusaha agar pengunjung tidak langsung keluar dari blog karena rasa egois kami, yaitu menulis panjang lebar supaya google menyukai tulisan kami.

Memang tidak perlu dipungkiri lagi bahwa google menyukai tulisan yang lebih banyak, dan (orisinil). Kalau memang sudah sedemikian, lantas apakah kita akan mengorbankan pengunjung blog demi google, ?
Kalau pribadi kami sendiri, lebih utamakan pembaca dan mendahulukan google.
Maksudnya adalah seimbang. Kita tahu sesuatu yang seimbang itu enak, lezat, nyaman, dan memikat. Sebisa mungkin kita membuat tulisan yang di Sukai google, dan digemari pembaca.

Untuk contoh penulisan yang di sukai, pembaca, dan google.


  1. Pada paragraf pertama, usahakan pada titik pembahasan.
  2. Pada paragraf kedua, silahkan di isi dengan pembahasan yang lebih mendetail, dan tentunya sesuai denga paragraf pertama.
  3. Dan pada paragraf selanjutnya di isi sesuai selera saudara agar tulisannya lebih banyak. Tapi ingat, "Jangan Hanya Banyak".

Tips ini ditulis berdasarkan kami sendiri merasa sungkan kalau membaca tutorial, namun terlalu panjang lebar. Namun, apakah saudara merasakan yang sama dengan kami, ? Jawabannya mungkin, sama. Kenapa juga kami sarankan bagi blog yang membahas tentang tutorial untuk menulis yang singkat dan memahamkan pembaca, ?
Karena keumuman pembaca yang mencari trik, itu mencari poin pentingnya, dan merasa jenuh dengan tulisan yang bertele-tele.

Sekarang membahas cara menulis bagi blog yang membahas selain tutorial.

Berbeda dengan blog yang membahas selain tips, trik, atau tutorial. Apabila blog yang membahas tentang tempat pariwisata, kok tulisannya singkat tanpa basa-basi yang sekiranya memikat hati, kemungkinan pembaca akan tidak tertarik dengan bacaan tersebut. Maka solusinya adalah tulislah yang mendetail, dan berusaha tulisan yang bisa menarik hati pembaca.

Selanjutnya adalah pemasangan heading, subheading, minor heading agar tulisan kita disukai google.

Kita jangan punya prinsip "yang penting nulis", karena kita juga harus memperhatikan pokok pembahasan, dan jangan lupa menggunakan fasilitas yang sudah tersedia, seperti heading, subheading, minor heading.

Ketika kita sudah menggunakan fasilitas tersebut, sama saja kita memberikan sinyal pada google agar google mengetahui mana pokok pembahasan, pembahasan yang penting, dan pembahasan yang lumayan penting.

Adapun untuk menandai mana kalimat yang menjadi pokok pembahasan, yaitu menggunakan heading, pembahasan yang masih dianggap penting, yaitu dengan subheading, dan pembahasan yang anda anggap lumayan penting bisa menggunakan minor heading.

Jangan main kopi kemudian paste (Kopas).

Cara-menulis-artikel-yang-di-sukai-google-jangan-kopi-paste
Ini sangat penting.
Adakah anda suka dengan blog yang sukanya kopas artikel orang lain, ?. Jawabannya yaitu tergantung siapa diri anda.

Apabila anda sendiri masih suka kopas postingan blog sebelah, anda harus merasa suka apabila postingan anda dikopas. Tapi, keumuman para blogger merasa muak apabila postingan di kopas oleh blog tetangga tanpa menautkan link sebagai tanda sumber referensi.

Dalam artian, tulisan hasil kopi paste tidak disukai oleh kebanyakan blogger, terkecuali tulisan tersebut mencantumkan link dari artikel yang dikopas untuk dijadikan referensi. 

Kita juga merasa gimaaaaaaa gitu, apabila ada artikel yang hanya bermodal kopas terlebih dengan google. Google sangat menyukai artikel yang orisinal, dan tidak menyukai artikel kopas.

Bahkan, kalau anda sudah menjadi publisher adsense, tapi sering melakukan kopas, maka jangan kaget apabila suatu saat akun adsense anda dibanned, karena kata blog tetangga, salah satu yang menyebabkan akun adsense di pecat, yaitu karena kebanyakan kopas.

Sedemikian yang dapat kami sampaikan, dan semoga bermanfaat..
0 Komentar untuk "Blog Cara Membuat, Menulis Artikel yang Disukai Google dan Pembaca"

Terimakasih sudah berkunjung, dan kiranya kurang keren jika anda tidak berkomentar untuk memberikan kritik, saran, dan lain sebagainya. Tapi jangan masukkan link aktif, karena sudah banyak komentar yang saya hapus sebab menggunakan link aktif.