Tahun-Gajah
Sejarah tahun gajah, dan sebab terjadi tahun gajah.
Caradailku : sedikit akan menulis tentang Sejarah atau Kisah Tahun Gajah, yang bersumber dari "Sejarah Kehidupan Nabi Muhammad Saw. LENTERA KEGELAPAN Untuk mengenal pendidik sejati. Cetakan Lirboyo."



Sejarah Tahun Gajah

Mekah sepertinya tidak akan pernah lepas dari peristiwa-peristiwa bersejarah. Pelaksanaan qorban yang hendak di laksanakan oleh "Abdul Muthalib belum juga hilang dari ingatan penduduk mekah.
Pernikahan antara Abdullah dan Aminah juga masih begitu segar dalam ingatan.
Kini sebuah peristiwa besar akan kembali menjadi catatan negeri Ka'bah ini. Beberapa kejadian yang telah menggelinding di sana mungkin hanya membuat mereka cemas ataupun haru. Untuk kali ini, penduduk mekkah benar-benar merasa ketakutan, khawatir dan siap kehilangan sesuatu yang selalu menjadi kebanggaan mereka.

(Tahun Gajah) ..Abrahah, seorang panglima perang yang berhasil menaklukkan yaman, akan datang untuk meluluhlantakkan Ka'bah.

Selama ini, tidak ada satupun kerajaan-kerajaan yang mempunyai keniatan seperti Abrahah.
Raja-raja jazirah justru sangat menghormati bangunan suci yang dibangun oleh Nabi Ibrahim, dan Ismail ini. Di dalam, bahkan di kanan-kiri ka'bah banyak berhala yang memang sengaja oleh para jamaah haji sebagai lambang kehormatan dan kekerabatan negeri mereka dengan Mekkah. Lain dengan Abrahah, mengunjungi mekkah saja belum pernah, sekali datang ia menebar ancaman yang mengerikan. Abrahah benar-benar membuat penduduk Mekkah tegang. Terlebih dia dikenal sebagai raja yang memiliki kekuatan militer yang tak tertandingi pada zamannya. Begitu ia memerintahkan perang, mulutnya seolah memuntahkan beratus-ratus seekor singa kelaparan yang siap menerkam apapun demi memenuhi perutnya.

Kondisi itu, tentu tidak sebanding dengan kekuatan yang dimiliki Mekkah. Beberapa tahun terakhir mereka hampir melupakan seni peperangan. Masyarakatnya telah hidup tentram dan tak pernah kontak senjata dengan suku-suku di luar benteng Mekkah. Kalau memang ada sengketa, biasanya dapat diatasi dengan cara damai. Hal ini membuat mereka tidak terlalu perhatian dengan pertahanan negara. Layak dengan keadaan mereka yang rapuh dalam segi pertahanan negara, membuat masyarakatnnya panik ketika mendengar ancaman dari Abrahah.

Sebenarnya antara kerajaan Abrahah dengan Mekkah juga tidak pernah terjadi konflik. Hanya saja peristiwa kecil tapi cukup memalukan telah memicu kemarahan raja asal Najasy itu.
Syahdan, ia diutus oleh rajanya yang bernama Ashamah untuk menaklukkan Yaman. Singkat cerita, Abrahah berhasil menaklukkan Yaman bahkan membangun gereja yang mewah. Awalnya penguasa baru Yaman ini memiliki kepribadian yang cukup luhur, berdisiplin tinggi, serta ulet. Bahkan tercatat sebagai orang yang cukup teguh memegang ajaran agamanya.

Sejarah Tahun Gajah ini cukup sekian dahulu.

Update : sejarah tahun gajah.

seiring waktu, pertahanan dirinya ambruk dan remuk. Kenyataan bahwa tiap tahun penduduk yaman selalu pergi ke mekkah membuat ia terbius sifat materialis. Dia mulai menimbang-ninmbang pemasukan mekkah tiap tahun dari para peziarah. Pikirannya tidak dapat membayangkan jika peziarah-peziarah itu berduyun-duyun berpaling dari mekkah menuju ke yaman, negeri taklukannya. Berpa besar pemasukan yang akan di dapatkan negerinya jika hal itu benar-benar terjadi. Akhirnya, satu kesimpulan ia tarik dengan rapih sebuah bangunan suci harus di dirikan.

Untuk memenuhi ambisinya, sebuah gereja akhirnya di bangun di daerah Shan,a. Gereja itu dibangun begitu megahnya, bahkan dari waktu ke waktu, di kembangkan. Tujuannya agar penduduk yaman khususnya dan seluruh penghuni jazirah arab berpaling negerinya serta meninggalkan ka,bah. Setelah gereja itu dibangun, dengan banggganya si abrahah mengirimkan surat kepada rajanya yang ada di negeri Najasi. Surat yang dikirimkannya singkat namun begitu jelas menggambarkan ambisinya.

"Sesungguhnya, aku telah mendirikan untuk paduka sebuah gereja yang belum pernah dibangun oleh raja manapun. Gereja itu aku bangun sedemikian rupa, agar orang-orang yang pergi haji ke mekkah mau berpaling menuju ke tempat ibadah yang aku bangun."
Mendengar berita ini, malik bin kinanah salah seorang penduduk mekkah yang kebetulan sedang berada di yaman merasa geram. Dia langsung pergi ke gereja yang direncanakan sebagai saingan ka,bah itu. Begitu berhasil masuk, ia lantas buang air besar di sana kemudian kotorannya dia oleskan ke tembok gereja. Ketika mengetahui hal ini, abrahah langsung emosi dan kemarahannya tumpah seketika. "Siapa yang berani melakukan hal ini kepadaku, ? " bentaknya pada penjaga yang tak becus menjaga.
Pelakunya adalah seorang laki-laki penduduk baitullah yang mendengar perkataan baginda raja. ".
Jawab mereka tegaang.

Kemarahan abrahah memuncak. Tempat suci yang dibangunnya susah payah telah dihina. Dia telah bersumpah akan membuat perhitungan atas kekurang ajaran lelaki itu. Ka,bah menjadi buruannya untuk menuntaskan perhitungannya. Raja yaman itu begitu bersemangat untuk menghancurkan ka,bah. Secara logika, ketika ia berhasil meruntuhkan bangunan suci orang arab ini, minimal dua keuntungan akan dia dapatkan sekaligus.
Pertama, balas dendamnya tersalurkan.
Kedua, ambisi untuk memalingkan perhatian masyarakat yaman, juga akan mudah di regutnya. Dengan adanya peristiwa pelecehan terhadap gerejanya, ia merasa mendapatkan kesempatan untuk melakukan rencananya. Tidak akan ada yang berani menyalakan tindakannya, walaupun toh berani, tentu mereka tidak akan sanggup menghadapi kekuatan pasukan perangnya.
Diam-diam abrahah merasa diuntungkan oleh keberanian malik bin kinanah yang telah menista gerejanya. Untuk memuluskan rencananya, dia segera melayangkan surat pada raja najasi dengan isi meminta kirim seekor gajah terbesar bernama Mahmud, ( yang tepuji).

Untuk terusan tentang sejarah tahun gajah, silahkan baca 

 sejarah tahun gajah bagian kedua. Okey semoga bermanfaat, dan untuk koleksi sejah kita.
Previous
Next Post
0 Komentar untuk "Sejarah Tahun Gajah (Tahun Gajah kelahiran Nabi)"

Terima Kritik dan Saran..